1.INTERGRASI PPK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS

Salam Generasi Milenial

       Dunia pendidikan saat ini sangatlah penting dan menjadi sorotan dari berbagai pihak. Hal yang paling Utama yang selalu di tekankan dalam pendidikan formal dan non formal adalah penanaman nilai- nilai karakter siswa. Urgensi penguatan pendidikan karakter (PPK) adalah hal yang sangat penting dalam membangun Sumber Daya Manusia Indonesia yang kuat dalam menghadapi degradasi akhlak, moral dan budi pekerti dalam menghadapi dinamika dan tantangan di era globalisasi dan untuk menciptakan generasi emas yang berdaya saing dan berjiwa Pancasila.

        5 Nilai utama dalam penguatan karakter meliputi :
1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Kemandirian
5. Gotong Royong

1. Nilai Religius
    Nilai - nilai religius meliputi beriman dan bertqwa, menjalankan segala perintahNya, disiplin beribadah, bersih, peduli lingkungan, memanfaatkan lingkungan dengan bijak, toleransi, saling menolong/menghormati, cinta damai dan peduli sosial.

2. Nilai Nasionalis
    Nilai Nasionalis meliputi cinta tanah air, semangat kebangsaan, demokratis, rela berkorban dan taat hukum.
3. Nilai Integritas
    Nilai Integritas meliputi kejujuran, keteladanan, tanggung jawab, anti korupsi, komitmen moral, dan cinta pada kebenaran.
4.Nilai Kemandirian 
   Kerja keras (etos kerja), kreatif dan inovatif, disiplin, tanngguh, rasa ingin tahu,mengahargai prestasi, dan gemar membaca.
5. Nilai Gotong Royong
      Nilai Gotong Royong meliputi kerja sama, solidaritas, kekeluargaan, bersahabat/komunikatif, berorientasi pada kemaslahatan bersama.



     
     

Comments